Sabtu, 28 Februari 2015

Tips Mengatasi susah tidur saat hamil

Ketika usia kehamilan semakin bertambah, sering kali kesulitan atau kenyamanan tidur menjadi keluhan ibu hamil. Hal ini disebabkan beberapa faktor, yaitu karena keberadaan perut semakin besar, gerakan bayi dalam kandungan, rasa tak enak di daerah uluhati,dll. Semua kondisi ini menyebabkan ibu hamil kesulitan untuk tidur dengan nyaman di malam hari.
Ketika anda tidak dapat merasa tidur dengan nyaman, mungkin kemudian anda akan berpikir, lalu bagaimana dengan bayi dalam kandungan? Anda tidak perlu terlalu khawatir.
Para pakar menyatakan bahwa meskipun istirahat banyak di masa hamil adalah hal yang paling ideal, tapi kurang tidur saat kehamilan tidak akan terlalu membahayakan bayi anda.
Beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membantu tidur lebih nyaman adalah sebagai berikut :
Carilah Posisi Tidur yang Nyaman Untuk Anda
Faktor yang terpenting untuk dapat tidur dengan nyaman adalah menemukan posisi tidur yang terbaik untuk anda. Posisi tidur terbaik yang dianjurkan selama kehamilan adalah posisi tidur miring ke sisi kiri anda, hal ini dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta.
Mandi Dengan Air Hangat
Membasuhlah tubuh dengan air hangat (jangan terlalu panas) dengan sabun yang wangi dan rasa segar akan membantu anda akan siap untuk tidur.
Hindari Makan Terlalu Banyak Saat Menjelang Tidur
Saat hamil sering kali anda merasa ingin makan sesuatu saat malam hari, tapi hati-hatilah karena bila keinginan itu datang di waktu malam hari, hal ini dapat mempengaruhi tidur anda. Cobalah untuk menghindari makan yang banyak atau terlalu kenyang saat menjelang tidur. Anda dapat menggantinya dengan makanan ringan atau segelas susu hangat. Ini untuk mengurangi rasa tak enak di ulu hati atau bagian perut yang juga akan mempengaruhi saat tidur anda.
Minum Segelas Susu Hangat
Minum segelas susu hangat akan membantu anda untuk dapat tidur, mengapa? karena susu mengandung asam amino trytophan yang meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang akan  membantu anda untuk dapat tidur.
Dengarkan Musik
Cobalah mendengarkan musik yang dapat memberi ketenangan dan rasa rilek pada tubuh anda. Pilihlah musik yang dapat memberikan ketenangan pada anda. Dengan merasa tenang dan rileks akan memudahkan anda untuk tidur lebih nyaman.
Hubungan Intim
Melakukan hubungan intim dengan pasangan juga salah satu cara yang baik untuk memberikan rasa rileks dan santai pada anda. Tapi bila anda tidak merasa ingin melakukan, mintalah pasangan anda untuk memberikan pijatan secara lembut sehingga anda akan merasa lebih rileks dan perasaan bahagia karena di perhatikan atau di manjakan.
Latihan Menarik Nafas
Latihan menarik nafas dalam yang teratur dapat menolong Anda mengurangi ketegangan otot dan membantu Anda untuk tidur lebih baik. Carilah posisi yang nyaman buat Anda, duduk, berdiri, ataupun berbaring, lalu tariklah nafas melalui hidung secara perlahan lalu tahan nafas selama 1-2 detik dan keluarkan nafas melalui mulut secara perlahan. Lakukan beberapa kali.
Beristirahat Selagi Ada Kesempatan
Selalu beristirahatlah selagi ada kesempatan untuk beristirahat. Inilah beberapa tips agar membantu tidur malam Anda lebih nyaman. Tapi yang tetap harus diingat, bahwa`gangguan tidur adalah keluhan umum yang timbul selama kehamilan. Bersabarlah dan jadikanlah sebagai salah satu pengalaman indah dalam kehamilan Anda karena karena semuanya ini nanti akan terbayarkan dengan lahirnya si buah hati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar